Apa Saja Yang Menghambat Kehamilan

Mengenai kesuburan sebenarnya tidak banyak pasangan yang mengetahui akan hal ini, padahal sebenarnya pengetahuan tentang kesuburan adalah penting sekali guna lebih mudahnya memperoleh kesuburan. Hal ini tidak perlu dipermasalahkan karena wawasan mengenai kesuburan memang hanya perlu ketika pasangan suami istri merasa telat atau sulit memperoleh kehamilan. Dalam keadaan norma, tahu tentang kesuburan tidaklah begitu penting.

Selain permasalah kesuburan yang semestinya perlu diketahui untuk pasangan yang menginginkan kehamilan, yang perlu digaris bawahi untuk suami istri yang hingga saat ini masih berusaha dan melakukan program kehamilan adalah hal yang menghambat kehamilan. Karena pada dasarnya kesuburan itu akan buruk jika ada hal-hal yang mempengaruhinya, jika tidak tentu kesuburan akan normal-normal saja.

Kemudian apa saja hal yang menghambat kesuburan yang perlu anda ketahui? Semoga penjelasan dibawah ini bisa sedikit membantu anda untuk meningkatkan kesuburan sehingga akan lebih cepat untuk hamil:

Obat yang Menurunkan Kesuburan Wanita

  • Produk untuk kesehatan rambut yang mengandung hormon, seperti halnya krim kulit berbentuk gel dan beberapa produk perawatan rambut yang mengandung hormon estrogen dan progesteron. Hal tersebut dapat mempengaruhi ovulasi atau kesuburan pada wanita.
  • Seperti Predniso dan Kortison yaitu obat obatan steroid. Obat jenis ini banyak digunakan untuk mengobati asma dan lupus dan terbuat dari hormon testosteron. Dalam konsumsinya, jika berlebihan maka akan menghambat kalenjar hopofisis untuk melepaskan FSH dan LH yang sangat diperlukan untuk melepaskan sel telur dari indung telur.
  • Selain obat Steroid obat tiroid juga sangat mempengaruhi ovulasi wanita. Obat jenis ini dapat mempengaruhi kadar hormon prolaktin jika mengkonsumsinya dengan dosis yang tidak tepat.
  • Dalam beberapa kasus, obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi misalnya metildopa juga dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin juga akan mempengaruhi ovulasi.
  • Seperti contoh phenytoin, valproate dan carbamazepine yaitu obat yang biasanya digunakan untuk antiepilepsi juga dapat menghambat kesuburan anda.
  • Pengobatan pada kanker, seperti kemoterapi atau terapi radiasi dan beberapa pengobatan untuk kanker lainnya juga bisa merusak sel telur atau bahkan dapat menyebabkan kegagalan ovarium prematur yaitu keadaan dimana ovarium akan berhenti melakukan fungsinya bahkan sebelum usia wanita mencapai umur 40 tahun (menopause).

Leave a Reply