Di Pulau Tidung, Rumah Jadi Penginapan

Salah satu fenomena menarik yang bisa disaksikan dan dirasakan di Pulau Tidung adalah rumah-rumah warga setempat yang berubah fungsi menjadi penginapan. Ya benar, di Tidung tidak ada hotel atau resort, sehingga rumah-rumah warga disewakan sebagai home stay bagi para pengunjung.

Sebagian warga memiliki penginapan tersendiri yang disewakan di Pulau TIdung. Hanya saja, di hari-hari libur penginapan terkadang penuh oleh para pengunjung yang membludak memadari Pulau Tidung. Akibatnya, sebagian warga tidak mendapati kamar kosong di penginapan. Akhirnya, pemiliki penginapan terkadang menyewakan kamar-kamar di rumahnya sebagai tempat menginap bagi para pengunjung yang tidak mendapatkan kamar kosong di penginapan.

Salah satu warga yang memiliki penginapan di Pulau Tidung bernama Mahmud. Penginapan yang dikelolanya berada dekat Jembatan Cinta. Karenanya tidak heran jika penginapannya termasuk yang laris manis di akhir pekan. Apalagi di kamarnya tersedia fasilitas AC. Harga yang ditawarkan Mahmud juga berbeda-beda, kondisi calon tamu yang menginap. Misalnya, di

penginapan miliknya, satu kamar seharga Rp 300.000 untuk lima orang. Tapi pernah juga Mahmud memberikan harga ke mahasiswa Rp 100.000 untuk berdua untuk kamar ber-AC. Karena waktu itu para mahasiswa yang datang adalah untuk melakukan penelitian.

Keunikan pariwisata di Pulau Tidung adalah pengelolaan wisata yang langsung ditangani oleh  masyarakat setempat. Mulai dari makan, sewa peralatan menyelam, sewa sepeda, sampai penginapan merupakan usaha-usaha milik masyarakat Pulau Tidung. Dalam hal ini pemerintah tidak menarik biaya sedikitpun dari masyarakat pemilik usaha.

Sekedar info, Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Seribu seluas 54 hektar. Jumlah penduduk Pulau Tidung mencapai 4.300 jiwa. Saat akhir pekan, jumlah wisatawan bisa mencapai kisaran 300-400 orang. Namun, saat musim liburan, jumlah wisatawan bisa lebih banyak dan berlipat-lipat dari itu, bahkan bisa mencapai jumlah yang lebih banyak dari jumlah penduduk Pulau Tidung itu  sendiri.

Salah satu aktifitas wisata yang menjadi andalan dari Pulau Tidung adalah diving dan snorkeling. Sebab, di pulau ini terdapat banyak spot yang cocok untuk aktifitas tersebut.

Salah satu didekat pulau tidugn yang wajib juga kamu kunjungi adalah Pulau pari. Nah, pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang dijamin Epic. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply